KPU Pekanbaru : Jumlah Pemilih Bertambah

Selasa, 30 November 2010 // by Go Blog News // Labels: //
PEKANBARU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pekanbaru akhirnya telah menerima Daftar Penduduk Potensial Pemilih (DP4) dari Pemko Pekanbaru. Dari data yang didapat, jumlah warga Pekanbaru yang akan memberikan haknya pada Pemilukada Pekanbaru nanti mengalami kenaikan bila dibandingkan saat Pemilu 2009 tahun lalu.



Ketua KPU Pekanbaru, Yusri Munaf pada Tribun, Sabtu (27/11) pada Tribun mengatakan penyerahan DP4 tersebut dilakukan di ruangan Sekretaris Kota (Setko) Pekanbaru pada Jumat lalu (26/11). "Kita sudah terima DP4 dari Pemko Pekanbaru," kata Yusri.

Diterangkannya, dari data DP4 tersebut jumlah penduduk Pekanbaru sekitar 862.000 jiwa. Sedangkan yang akan memberikan haknya pada Pemilukada nanti, sesuai dengan aturan yang ada sekitar 581.000 jiwa.

Dalam penyerahan DP4 ini, data yang digunakan berasal dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pekanbaru. Sedangkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) tidak dipergunakan sama sekali. Sebagai informasi, data BPS menyebutkan jumlah penduduk Pekanbaru mencapai 900.000 jiwa lebih.

Bila dibandingkan dengan jumlah pemilih pada Pemilihan legislatif tahun lalu, ada kenaikan jumlah pemilih. Pemilu tahun lalu, jumlah pemilih di Pekanbaru hanya sebanyak 535.742 jiwa. "Ada kenaikan sekitar 46.000 ribu pemilih saat ini," katanya.

Saat ini, terangnya, DP4 yang telah diperoleh sedang dilakukan pemuktahiran data. Pengecekan ulang kembali dilakukan KPU Pekanbaru untuk memastikan tidak ada lagi nama ganda ataupun yang sudah meninggal masih terdaftar. "Kita cek lagi satu per satu lagi," ucapnya.

Pemuktahiran diperkirakan akan berakhir pada akhir Desember nanti. Saat itulah KPU Pekanbaru akan mengumumkan nama - nama warga yang masuk dalam DP4. Pengumumannya akan ditempeli di setiap kelurahan. Saat itu juga, warga bisa mengetahui apakah dirinya masuk atau tidak dalam DP4.

"Akhir Desember nanti kita akan umumkan nama - nama yang masuk DP4. Kita tempeli disetiap kelurahan. Kita harapkan pro aktif warga untuk mengetahui apakah sudah masuk atau belum. Kalau belum, silahkan didaftarkan ulang," katanya.

Diperkirakan memang masih ada warga Pekanbaru yang belum terdaftar dalam DP4 ini sebab data diperoleh dari validasi yang dilakukan Discapil Pekanbaru. Padahal validasi jumlah penduduk hingga kini belum selesai dilakukan. Validasi ini pula yang membuat penyerahan DP4 terlambat yang seharusnya pada akhir Oktober lalu.

Ditegaskan Yusri tidak ada lagi penyerahan DP4 yang kedua. Bagi warga yang tidak terdaftar dalam DP4, bisa mendaftarkan diri langsung ke Petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang ada di setiap kelurahan serta Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP).

"Kalau memang warga belum terdaftar tapi telah memenuhi syarat, bisa mendaftarkan diri lewat mengisi formulir A3. PPDP serta PPS akan membantu warga. Ke masing - maisng RW juga akan kita berikan data DP4 nantinya," ujar Yusri.

Keterlambatan penyerah data DP4 ini, kata Yusri masih bisa ditoleransi dengan kegiatan KPU lainnya. Setelah selesai sosialisasi DP4 pada warga nantinya, DP4 ini akan menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS) pada Pmeilukada nantinya. (Palti Siahaan/ pis)


* Sudah Diterbitkan di Media Tribun pekanbaru

Followers