Anggaran Pemlikada Pekanbaru Berkurang

Selasa, 30 November 2010 // by Go Blog News // Labels: , , //
PEKANBARU - Jumlah dana yang dibutuhkan KPU Pekanbaru dalam melaksanakan Pemilukada 2011 nanti secara keseluruhan mengalami pengurangan dari jumlah dana awal yang diminta. pengurangannya Rp. 1,4 Miliar.




Sebelumnya, KPU meminta dana sebanyak Rp. 15,8 Miliar.untuk melaksanakan seluruh proses pelaksanaan Pemilukada. Jumlah ini sudah termasuk dengan perkiraan Pemilukada berlangsung dua putaran. Kini, KPU hanya membutuhkan sebanyak Rp.14,4 Miliar saja.

"Memang terjadi pengurangan dana untuk Pemilukada dari yang dulu kita usulkan. Jumlah yang dikurangi mencapai Rp. 1,4 Miliar," kata Ketua KPU Pekanbaru, Yusri Munaf .

Pengurangan dana ini, terangnya terkait dengan pengurangan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) yang akan digunakan dalam Pemilukada nantinya. Sebelumnya, KPU Pekanbaru memperkirakan butuh sebanyak 1.430 TPS namun dalamaperkembangannya menyusut menjadi 1.250 TPS. Inilah yang membuat penguarang dana tersebut.

"Bayangkan saja, untuk setiap TPS, dana yang dibutuhkan itu sebanyak Rp 4 juta. Setelah terjadi pengurangan TPS, dan kita pun pantas dikurangi. Jadi tidak ada masalah," ucapnya.

Dulunya, pembuatan TPS sebanyak 1.430 untuk Pemilukada nanti mengadopsi dari Pemilu Legislatif tahun lalu. Namun seiring keluarnya Permendagri 57, jumlah TPS bsa dikurangi. "Pas Pemilu Legislatif lalu, maksimal TPS menampung 400 orang. Sekarang dengan Permendagri yang baru maksimal itu 600 orang. Makanya bisa kita lakukan pengurangan jumlah TPS yang berakibat pengurangan dana," ujanya.

Dari Rp.14,4, terangnya, bila Pemilukada bisa dilakukan satu putaran, maka akan menelan dana sebasar Rp. 10,3 Miliar. (Palti Siahaan/ pis)
* Sudah Diterbitkan di Media Tribun Pekanbaru

Followers